KOTA BEKASI, MEDIA METROPOLITAN - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi,
Dr.H. Inayatullah, meminta para Guru membuat sistem pembelajaran yang kreatif
dan efektif, untuk meningkatkan peserta didik aktif saat proses pembelajaran
daring/jarak jauh di masa pandemi Covid-19.
Menurutnya, menggunakan e-learning sebagai alternatif
pembelajaran di masa pandemi Covid-19 merupakan hal yang tepat karena sistem
e-learning yang tidak memiliki batasan akses, sehingga memungkinkan
pembelajaran dapat dilakukan lebih banyak waktu dan tidak memerlukan tatap muka
langsung mengingat adanya social distancing dan kebijakan lainnya terkait
protokol kesehatan yang sudah di tetapakan oleh pemerintah.
Masa seperti ini, lanjut Inayatullah menjelaskan, Guru harus
memiliki kreatifitas yang memang harus dikuasai para pendidik untuk keefektifan
pembelajaran daring dimasa pandemi harus diterapkan karena pada dasarnya
pembelajaran yang teramat kaku jelas tidak akan efektif didalam pembelajaran, maka
diharapkan guru mampu dalam menerapkan kurikulum yang ada di tengah
keterbatasan sekarang ini.
Diharapkan, saat Guru dalam memberikan pembelajaran daring
jangan sampai menambah beban para siswa, karena tujuannya ialah untuk
memudahkan belajar, jika menambah beban, justru akan membuat motivasi siswa
dalam pembelajaran ditengah kondisi seperti ini menjadi menurun.
Dalam memberikan tugas belajar harus sewajarnya dengan
instruksi yang jelas dan sesuai tujuan belajar. Oleh karena itu guru perlu
berupaya untuk selalu berkomunikasi dengan siswa dengan memberikan stimulus dan
motivasi yang penuh semangat dan metode yang baik, memberikan respons, membuka
ruang dialog secara demokratis, jika perlu boleh diselingi humor tiap tugas
harus ada balikan (feed back), beri instruksi yang jelas, memberikan balikan
dan bimbingan dan jika siswa masih belum paham yang intinya tidak terlalu kaku,
bisa santai namun serius dalam memberikan materi pembelajaran.
Menyesuaikan karakteristik peserta didik agar pembelajaran
tidak begitu membosankan dan peserta Didik dapat memahami materi.
Membangun kesadaran serius belajar dari peserta Didik, dan
perlu diimbangi dengan guru untuk mengontrol pembelajaran secara berkala
caranya dengan memberikan stimulus respon kepada siswa pada saat pembelajaran
jarak jauh ini karena pada dasarnya hal ini memerlukan adaptasi didalam
penerapannya ditengah segala keterbatasan, kebijakan, kebutuhan yang ada. (beresman)