• Jelajahi

    Copyright © m.metropolitan.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Kembangkan Wawasan, Mahasiswa Hukum UPB Kunjungi PN Cikarang

    Sku Metropolitan
    20/03/21, 21:03 WIB Last Updated 2021-04-07T14:18:26Z

    Kembangkan Wawasan, Mahasiswa Hukum UPB Kunjungi PN Cikarang


     

    KAB.BEKASI, MEDIA METROPOLITAN - Pengadilan Negeri Cikarang Kelas II, Kabupaten Bekasi  mendapatkan kunjungan dari Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pelita Bangsa.

    Kedatangan mahasiswa yang mengenakan jaket kebesaran Univ Pelita Bangsa (UPB) berwarna Biru ini tidak sedang melakukan aksi demonstrasi, tetapi ingin belajar langsung bagaimana tata cara ber-acara  di pengadilan.

    “Mahasiswa dapat melihat langsung bagaimana tata ber-acara di Pengadilan, “ kata Dosen Pengampu. Nining Yurista Prawitasari, S.H.,M.H, Jumat (19/3).

    Menurut Nining, Kendati di Acara persindang sudah di praktekan di dalam ruangan peradilan semu Prodi Hukum Universitas Pelita Bangsa, dengan datang langsung ke pengadilan, mahasiswa bisa melihat dengan dekat bagaimana orang ber-acara dan sekaligus melihat suasana pengadilan. Sehingga mahasiswa bisa membandingkan apa yang diterima di bangku kuliah dengan kenyataan di lapangan.

    Lebih lanjut, dengan adanya kegiatan kuliah lapangan ini Mahasiswa Fakultas HukumUniversitas Pelita Bangsa diharapkan menguasai hukum baik secara formil dan materiil (secara aplikatif) yang akan diterapkan di lapangan nanti.

    “Mahasiswa juga diharapkan dapat mengenal praktik hukum di lapangan dengan pengalaman yang secara langsung dberikan. Selain itu, mahasiswa diarahkan untuk memiliki kepekaan terhadap kendala-kendala penegakan hukum di Indonesia. Pada akhirnya, mahasiswa diharapkan terampil dalam melakukan analisis hukum serta dapat memberikan solusi tepat terhadap masalah hukum yang dihadapi tersebut,” ungkapnya.

    Nining melihat , kunjugan ke PN ini, disambut atusias mahasiswa menjalankan tugas praktek yg telah diberikan. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada keluaga besar Pengadilan Negeri Cikarang, Kabupaten Bekasi yang berkenan meberikan ijin kepada Mahasiswa FH Universitas Pelita Bangsa  untuk meberikan kesempatan mengikuti prosesi persidangan.


    Sementara,Mahasiswa Fakhutas Hukum Semester IV UPB Ardi Priana, menyampaikan dengan adanya kunjungan melihat langsung tata cara ber-acara kita akan terbiasa dengan suasana persidangan.

    “Kita akan terbiasa dengan suasana peradilan , membuat kita percaya diri, lebih kritis dalam mengamati situasi di Pengadilan,” kata Ardi.

    Situasi peradilan dengan peradilan sesungguhnya berbeda dengan peradilan, peradilan semu berisi teman-teman kita sendiri. Meskipun Peradilan semu melatih mental kita untuk menghadapi peradilan yang sesungguhnya.

    “Banyak manfaat dan tujuan yang dapat diperoleh dalam melihat langsung peradilan di Pengadilan ini diantaranya adalah proses pembelajaran, pengalaman yang kami dapat. Karena kita dapat melihat bagaimana tata cara proses serta tahap-tahap dalam peradilan yang sebenarnya,” tutur Ardi.

    Pria yang juga aktivis HMI ini menyampaikan rasa trimakasihnya. Ia juga berharap kunjungan kepengadilan agar lebih sering dilakukan

    “Kami ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada  jajaran Pengadilan Negeri cikarang terutama dosen pembingbing sehingga kami dapat mengikuti dan melihat proses persidangan. Kunjungan  diharapkan sering dilakukan agar kedepannya lebih memahami dan dapat menambah wawasan” pungkasnya. (Ely/Martinus)


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +