• Jelajahi

    Copyright © m.metropolitan.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Tiga Pilar Chek Pergeseran Tanah Akibat Hujan Deras

    Sku Metropolitan
    27/05/21, 08:52 WIB Last Updated 2021-05-27T01:52:25Z

     


    KAB.BANDUNG, MEDIA METROPOLITAN- Intensitas hujan yang cukup tinggi diwilayah Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung menimbulkan genangan air yang diakibatkan drainase yang tersumbat juga terjadi pergeseran tanah dibeberapa daerah ketinggian, Rabu (26/05/2021).

    Seperti yang terjadi di Kp. Sinar jaya RT 03 RW 09 Desa Pananjung yang daerahnya berada di ketinggian, terjadi pergeseran atau longsor tanah kecil tepatnya di depan rumah warga, namun kalau dibiarkan akan berbahaya terhadap rumah yang berada dibawahnya.

    Tiga Pilar Desa Pananjung diantaranya, Kades Hj. Iis Sutiarsih, Bhabinkamtibmas Bripka Mochammad Ramdhan dan Babinsa Koptu Dian Kartiwa melaksanakan pengecekan ke lokasi.

    Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Erdi A. Chaniago S.I.K., M.Si mengatakan, longsor kecil ini terjadi diakibatkan hujan deras dengan intensitas tinggi, serta kurang sadarnya warga mengindahkan aturan.  Aparat Desa telah memberikan himbauan pada saat warga akan membangun , longsor kecil terjadi dikarenakan pada saat membangun penahan dinding tebing hanya dengan menggunakan tumpukan karung, posisi bangunan mepet dengan ujung tebing tersebut.

    Kades Pananjung, Hj. Iis Sutiarsih, menjelaskan, sebelum membangun, warga sudah diberikan Himbauan sesuai dengan yang kami arahkan. Kedepan kami akan mengupayakan solusinya, agar pergeseran tanah atau longsor kecil ini tidak menimbulkan korban jiwa, Jelasnya”.

    Menanggapi situasi cuaca akhir – akhir ini, Kapolsek Cangkuang Iptu Aa Suminta, atas Perintah Kapolresta Bandung, Kombes Pol Hendra Kurniawan, S.I.K.,M.M., jauh-jauh hari sudah memberikan penekanan kepada seluruh Bhabinkamtibmas agar memonitor situasi wilayahnya yang rawan bencana baik banjir maupun Longsor, agar dapat diantisipasi tentunya bekerja sama dengan Tiga Pilar Desa. Tegasnya.

    Bhabinkamtibmas Bripka Moch. Ramdhan menambahkan,  Alhamdulillah dalam kejadian pergeseran tanah tersebut tidak ada korban jiwa maupun material.

    “Saya akan berkoordinasi dengan pihak Pemerintah desa untuk mencari solusinya,” tutupnya. (Supriyanto)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +