• Jelajahi

    Copyright © m.metropolitan.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Disperkimtan Kabupaten Bekasi Pastikan Ketersediaan Lahan Makam Covid-19

    Sku Metropolitan
    01/07/21, 11:12 WIB Last Updated 2021-07-01T04:26:23Z



    KAB.BEKASI, MEDIA METROPOLITAN - Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bekasi memastikan ketersediaan ditengah meningkatnya kasus pademi covid-19. Lahan pemakaman yang masih mampu menampung jenazah,baik pasien covid-19 maupun umum.

    "Hari ini kita ke meninjau Lokasi TPU.Wallahu a'lam, Kita hanya memastikan apakah tim pemakaman dan lahan yang tersedia, siap dalam menghadapi kondisi terburuk,seiring jumlah kasus pasien Covid-19 di Kabupaten Bekasi saat sedang  meningkat," kata Seketaris Disperkimtan Kabupaten Bekasi, Nurchaidir, saat meninjau Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pasir Tanjung, Kecamatan Cikarang Pusat, Rabu (30/6).

    Menurutnya, hingga sekarang pemerintah Kabupaten Bekasi  tak menghadapi masalah berarti dalam menentukan lahan pemakaman jenazah pasien Covid-19.Seluruh permakaman masih cukup untuk menampung jenazah baru.

    "Saat ini dua lokasi pemakaman pasien Covid-19 yakni di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pasir Tanjung, Cikarang Pusat dan TPU Mangunjaya, Tambun Selatan," tuturnya.

    Kemudian, selain dua Lokasi TPU itu, Nurchaidir, pihaknya kini sedang mengajukan TPU Wanajaya untuk pemakaman jenazah pasien Covid-19.

    "Kita akan  sedang mengajukan satu lokasi lagi untuk pemakaman jenazah pasien Covid-19  TPU Wanajaya, prosesnya masih menunggu Surat Keputusan (SK)  Bupati Bekasi. Hal diajukan seiring meningkatnya pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Mangunjaya," tutur Nurchaidir.

    Nurchaidir menambahkan, mengingat  jumlah pemakaman jenazah pasien covid-19 mengalami peningkatan dibandingkan waktu sebelumnya. Yang mana petugas di TPU Mangunjaya kurang lebih 30 jenazah yang dimakamkan dengan protokol Covid-19.

    Kemudian  untuk TPU Pasir Tanjung, Nurchaidir mengutarakan petugas  gali pemakaman saat ini mulai kewalahan menangani penambahan jenazah yang meningkat tiap harinya, ditambah kultur tanah yang cukup keras hingga petugas harus menggunakan jack hammer (Alat pembobok beton)  ketika melakuan penggalian.

    Untuk mengatasi hal itu, Nurchaidir menyampaikan, rencanya, pihaknya akan menyediakan alat berat backhoe untuk mempercepat proses pemakaman.

    "Supaya penanganannya lebih maksimal, untuk penggaliannya, rencananya kita akan mensiapkan alat berat backhoe, salah satunya di TPU Pasir Tanjung mengingat kultur tanah ini keras. Jadi dengan adanya alat berat ini petugas tidak lagi kewalahan dan tidak memakan waktu banyak saat pemakaman," ungkapnya.

    Catatan total Pemakamanan covid-19 di Dua TPU tersebut mencapai 1,473 jenazah. Angka ini merupakan akumulasi data dari januari – juni 2021.

    Pemakaman jenazah dengan protap Covid-19, januari 2021 sebanyak 163 jenazah. pada februari 2021 sebanyak 118 jenazah dan Maret pemakaman sebanyak 105 jenazah.

    Lalu sepanjang April jumlah pemakaman sebayak 61 jenazah dan bulan Mei sebanyak 55 jenazah.


    Kemudian menanjak lagi sepanjang juni 2021, jumlah pemakaman dengan protap Covid-19 dengan angka tertinggi 971 jenazah. (Ely/Martinus)


    Baca Berita:



    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +