• Jelajahi

    Copyright © m.metropolitan.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Word Cleanup Day 2021, Pj Bupati Bekasi Minta Warga Kelolah Sampah dengan Baik

    Sku Metropolitan
    18/09/21, 17:38 WIB Last Updated 2021-09-19T05:20:41Z

     

    Ket. Foto : Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan didampingi Dandim 0509/Kabupaten Bekasi  Letkol Kav Tofan Tri Anggoro menanam pohon dan menyusuri Kali Cilemahabang, usai acara puncak World Cleanup Day 2021 di Perum GCC Cikarang Utara, Sabtu (18/09/21)./Doc Forkopim 

    KAB.BEKASI, MEDIA METROPOLITAN- Penjabat (Pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan menghadiri puncak peringatan World Cleanup Day  (WCD) Kabupaten Bekasi 2021 yang berlangsung di Perumahan Grand Cikarang City, Jl Gatot Soebroto, Desa Karangraharja Kecamatan Cikarang Utara, pada Sabtu, 18 September 2021.
     
    Acara yang digagas oleh Jangkar Ecovillage bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi dan komunitas pengiat lingkungan ini tersambung secara virtual ke 23 Kecamatan se-Kabupaten Bekasi.
     
    Dalam sambutannya, Dani Ramdan mengatakan, kegiatan bersih-bersih sampah di Kabupaten Bekasi tidak berhenti setelah usainya puncak peringatan World Cleanup Day tanggal 18 September, tapi akan dilanjutkan pada bulan-bulan berikutnya.
     
    "Nanti kita akan rutinkan setiap bulan, di semua desa dan kecamatan di Kabupaten Bekasi akan kita lakukan kegiatan bersih-bersih seperti ini," ungkapnya.
     
    Pj Bupati Bekasi mengakui, masih banyak warga yang membuang sampah ke sungai disebabkan karena sistem pelayanan pengangkutan sampah di daerah aliran sungai yang belum memadai.
     
    "Karena itu, setiap bulan sampah akan kita angkat, sambil kita perbaiki layanan pengangkutan sampahnya," kata Dani.
     
    Selain itu, Dani meminta agar pengolahan sampah lingkungan di kawasan perumahan dapat dijalankan dengan baik melalui proses pemilahan, reduksi dan daur ulang.
     
    "Jadi tidak hanya mengandalkan pengangkutan ke TPA Burangkeng, karena saat ini sudah penuh dan tahun depan sudah tidak bisa menampung sampah lagi," ujarnya.
     
    Dirinya juga mengajak unsur TNI Polri, para Camat dan Kepala Desa serta pegiat lingkungan untuk ikut melakukan pengawasan agar TPS dan sungai yang sudah dibersihkan tidak dipenuhi sampah lagi.
     
    Untuk memberikan motivasi, Pemerintah Kabupaten Bekasi bersama para pegiat lingkungan, tahun depan akan melakukan penilaian dan memberi penghargaan kepada desa dan kecamatan yang berhasil mengelola sampah dengan baik dan menjadi daerah paling bersih di Kabupaten Bekasi.
     
    "Kita akan buat Adipura versi Kabupaten Bekasi, dan pada peringatan World Cleanup Day tahun depan, kita akan umumkan mana kecamatan terbaik," ucapnya.
     
    World Cleanup Day (WCD) tahun 2021 diikuti oleh 187 negara, 34 provinsi dan 13 juta relawan yang terlibat dalam gerakan bersih-bersih sampah, termasuk di 23 kecamatan di Kabupaten Bekasi.
     
    Pemkab Bekasi mengerakkan seluruh perangkat daerah, termasuk para  camat dan kepala desa untuk melaksanakan aksi bersih-bersih lingkungan secara serentak, mulai tanggal 12 hingga 18 September 2021. (Ely/Martinus)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +