• Jelajahi

    Copyright © m.metropolitan.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Menpan-RB Resmikan Mal Pelayanan Publik di Cikarang Utara

    Sku Metropolitan
    18/11/21, 08:00 WIB Last Updated 2021-11-18T01:00:17Z

     

    KAB BEKASI, MEDIA METROPOLITAN--  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo didamingi Plt Bupati Bekasi Akhmad Marjuki dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Lotte Mart Cikarang, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Rabu (17/11).

    Tjahjo Kumolo, dalam seambutannya megatakan, menjadi kawasan industri terbesar di Asia Tenggara, membuat Kabupaten Bekasi didorong untuk menghadirkan pelayanan publik yang tak hanya ramah dan cepat bagi masyarakat, tapi juga suportif bagi para investor. Kesadaran ini membuat pemerintah setempat menghadirkan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bekasi bagi warga dan pelaku usaha yang berada di wilayahnya.

    "Kabupaten Bekasi adalah rumah bagi berbagai kawasan industri besar. Kehadiran MPP tentu memberikan peluang bagi Kabupaten Bekasi untuk semakin mendorong pelayanan publik yang kondusif dan suportif, khususnya bagi pelaku usaha dan investor," ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo saat memberikan sambutan dalam Peresmian MPP Kabupaten Bekasi, Rabu (17/11). 

    Lebih lanjut Menteri Tjahjo menekankan bahwa pelayanan publik adalah wajah konkret kehadiran negara bagi masyarakat. Untuk itu ia meminta kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk tidak terjebak pada rutinitas yang monoton dan memiliki pola pikir inovatif.

    Menurutnya, upaya penyederhanaan birokrasi harus didukung dengan semangat transformasi pola pikir dan budaya kerja yang mendobrak kebiasaan yang monoton, linier, dan kaku.

    "Sulit, tapi harus dicoba. Temukan solusi atas masalah-masalah yang ada di lapangan," tegasnya.

    Hal tersebut diamini oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Baginya, MPP dapat menjadi solusi agar masyarakat tak harus mengetuk banyak 'pintu' dalam mendapatkan berbagai pelayanan.

    Tak sebatas pelayanan yang terintegrasi, ia juga memproyeksikan agar pelayanan publik di masa mendatang dapat tervirtualkan.

    "Sehingga suatu hari negara yang datangi warganya, bukan lagi warga yang datangi negara," imbuh pria yang akrab disebut Kang Emil ini.

    Untuk diketahui, Jawa Barat berhasil mencetak realisasi investasi tertinggi se-Indonesia selama triwulan I 2021. Hal itu disebut Kang Emil karena produktivitas pelaku usaha yang tinggi dan pelayanan yang responsif kepada investor. 

    Plt Bupati Bekasi, Akhmad Marjuki, dalam sambutannya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dukungan  Kementerian PAN-RB, yang telah memberikan support yang luar biasa, terhadap pendirian Mal Pelayanan Publik yang pertama di Kabupaten Bekasi.

    "Saya ucapkan terimakasih atas dukungan Pak Menteri Tjahyo Kumolo sehingga Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Bekasi bisa terlaksana,”ujarnya.

    Dikatakannya, Mal Pelayanan Publik tersebut merupakan pilar untuk pembangunan ekonomi daerah dan nasional.

    Diharapkan dengan adanya MPP tersebut bisa menjadi tempat bersinergi yang baik antara pemerintah dengan masyarakat serta dapat menjangkau pelayanan masyarakat yang lebih luas dengan kepastian waktu dan biaya yang transparan.

    "Mal Pelayanan Publik ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk mengurus segala keperluan sehingga dapat menghemat waktu, tidak perlu jauh jauh ke kantor pemda, untuk menyelesaikan keperluan kependudukan, perbankan, pengurusan SIM, perizinan dan lainnya,”tambahnya.

    Disampaikannya, ada 18 instansi yang ikut serta dalam Mal Pelayanan Publik yang berada di lokasi yang strategis atau tepatnya berada di Jalan Gatot Subroto yang merupakan jalan negara tersebut.

    "Saya juga berharap agar kedepan dapat bertambah lagi tenant-tenant yang bergabung dalam Mal Pelayanan Publik Kabupaten Bekasi dengan inovasi-inovasinya yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” imbuhnya.

    Adapun ke-18 instansi yang ada di Mal Pelayanan Publik tersebut, Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, Kantor Pos Cikarang, Disdukcapil Kabupaten Bekasi, BPJS Kesehatan Cikarang, BPJS Ketenagakerjaan Cikarang serta Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi.

    Selanjutnya ada Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Taspen Bekasi, Polres Metro Bekasi, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, Pengadilan Negeri Cikarang, Kejaksaan Negeri Cikarang dan BPN Kabupaten Bekasi.

    Kemudian  Ditjen Pajak Wilayah Jabar II, Dinas Koperasi Dan UMKM Kabupaten Bekasi, DPMPTSP Kabupaten Bekasi,  DPMPTSP Provinsi Jawa Barat, BANK BJB Cabang Cikarang, Samsat serta Ditjen Bea Cukai Jawa Barat. (ely/martinus)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +