• Jelajahi

    Copyright © m.metropolitan.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Ormas GIBAS Kabupaten Tasikmalaya Bantu Warga Urus Sertifikat PTSL

    Sku Metropolitan
    04/11/21, 23:40 WIB Last Updated 2021-11-04T17:41:33Z

     




    KAB TASIKMALAYA MEDIA METROPOLITAN - Organisasi Kemasyarakatan Gabungan Inisiatif Barisan Anak Siliwangi (GIBAS) Kab. Tasikmalaya melakukan gebrakan dalam kiprahnya sebagai Ormas yakni membantu warga mengurus sertifkat tanah melalui program percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

    Ketua Ormas GIBAS Kab. Tasikmalaya Waris, Mengatakan  Kasus sengketa tanah dan sengketa lahan seringkali terjadi, hal ini sebenarnya tidak mengherankan.Maka, untuk menghindari sengketa yang tidak di harapkan, warga mengurus sertifikat. 

    "Untuk itu , GIBAS Kab Tasikmalaya akan membantu warga untuk mengurus pendaftaran sertifakat tanah melalui program percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)," kata Waris usai usai menghadiri mengikuti penyerahan secara simbolis 220 sertifikat dari pemberkasan 2700 sertifikat.

    Penyerahan secarasimbolis sertifikat program PTSL yang dihadiri pihak BPN, Camat Cigalontang,  Kapolsek, para Kepala Desa dan dan usur lainya bertempat di aula Kantor Desa Cidugaleun Kec  Cigalontang Kab Tasikmalaya, Kamis (3/11/2021).

    Ia menyebutkan, program PTSL ini sangat menguntungkan warga, yang memiliki tanah/aset yang belum bersertifikat. Menurut dia, kalo tidak didaftarkan atau tidak bersertifikat sangat beresiko bermasalah atau sengketa kemudian hari.Contohnya, perebutan lahan, baik antar keluarga atau perusahaan. 

    "Program PTSL ini jelas meringankan  warga, apalagi biayanya sudah tertuang sebagaimana dalam Instruksi Presiden (Inpres)  No. 2 Tahun 2018 dan direncanakan akan berlansung hingga 2025 sebagaimana dalam pasal 40 Peraturan Menteri ATR/BPN No. 6 Tahun 2018 tentang PTSL"tuturnya.

    Untuk mesukseskan berjalannya program PTSL di Kabupaten Tasimalaya , Waris mengungkapkan, Pihaknya terus memberikan sosialisi dan menyampaikan maafaatnya kepada warga , bahkan pihaknya juga membatu warga dalam pengurusan surat- surat melalui pengawalan dan pendampingan warga.

    "Kita berharap, apa yang sudah dilakukan GIBAS terhadap warga, melalui pendampingan dan pengawalan program PTSL ini dapat bermanfaat bagi warga," imbuhnya.

    Harapanya, Keutungan warga yang telah menerima Sertifikat, selain jauh dari resiko bermasalah. Sertifikat dapat di manfaatkan warga untuk meningkatkan perekonomian dalam permodalan  usaha.

    "Program PTSL ini dapat bermanfaat dalam keamanan dan kenyamanan, melalui kepemilikan sertifikat ini dapat membantu meningkatkan perekonomian dalam permodalan  usaha," ujar Waris mengakhiri pembicaraan dengan awak media. (Panca/Jodi/irwan)

    Baca Berita : 


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +