• Jelajahi

    Copyright © m.metropolitan.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Proyek Pembangunan Jalan Disinyalir Tidak Sesuai RAB

    Sku Metropolitan
    30/11/21, 07:48 WIB Last Updated 2021-12-02T08:16:30Z

     

    KAB BOGOR, MEDIA METROPOLITAN-- Pekerjaan pembangunan jalan betonisasi Tempat Pemakaman Umum (TPU), Rancabungur Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, yang dibiayai uang Negara sebesar Rp 379.875174.00 yang diberitakan sebelumnya diduga dikerjakan tidak sesuai SPEK

    Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Aliansi Pemerhati Kerugian Negara (APKN) Guntur Sihol mengatakan kepada Metropolitan di kantornya Rabu (24/11) tentang pekerjaan betonisasi jalan TPU Rancabungur Kabupaten Bogor  yang diduga tidak sesuai dengan rencana anggaran belanja (RAB).

    "Kami menilai proses pekerjaan betonisasi tersebut tidak mengedepankan mutu dan  kualitas. Sehingga pekerjaan betonisasi yang sudah ditentukan dalam dokumen kontrak dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) diduga diabaikan oleh pihak Kontraktor, ujarnya.

    Guntur juga menilai, pengawasan yang dilakukan konsultan Pengawas dan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPPKP) Kabupaten Bogor selaku pengguna anggaran sangat lemah terlebih Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Ira Amelia diduga tidak ada keseriusan dalam menjalankan tugasnya.

    Guntur menjelaskan, dirinya melihat dalam beberapa item pekerjaan disinyalir terindikasi penyimpangan. Diantaranya seperti pada item pekerjaan Lapisan Pondasi Atas (LPA) Lapisan Pondasi Bawah (LPB) dan Rigid  diduga dengan sengaja pihak pelaksana mengurangi ketebalan," jelasnya.

    Perlu diketahui Dalam Undang-undang tindak pidana korupsi pasal 7 UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, huruf b.Setiap orang yang bertugas pengawasi pembangunan atau penyerahan bahan bangunan,sengaja membiarkan Perbuatan Curang sebagaimana dimaksud dalam huruf a.

    "Kami meminta sekaligus menuntut kepada PPK agar meninjau kembali dan membongkar jalan tersebut dan jangan dibayar sebelum diperbaiki ," tandasnya.

     Lebih lanjut Guntur menjelaskan,Selain pembangunan jalan TPU Proyek pembangunan Taman Sentul-Kandangroda dan Pembangunan Taman Tegar Beriman tim kita selalu monitor,sinkatnya. (jeck)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +