• Jelajahi

    Copyright © m.metropolitan.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Ridwan Kamil Kerahkan Tim JQR Ke Lumajang

    Sku Metropolitan
    06/12/21, 21:56 WIB Last Updated 2021-12-06T14:56:33Z

     

    BANDUNG, MEDIA METROPOLITANGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memerintahkan Jabar Quick Response untuk membantu masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

    “Kami sudah memerintahkan Jabar Quick Response, timnya sedang bergerak ke sana. Untuk membantu apapun dari logistik, dari pertolongan kemanusiaan ada empat tenda besar juga kita sumbangkan jika dibutuhkan di sana,” kata Kang Emil, Senin (6/12/2021).

    Ia berharap aktivitas sosial ekonomi di Jawa Timur bisa segera pulih kembali. Ungkapan duka juga disampaikan Kang Emil, kepada belasan anggota masyarakat yang meninggal dunia.

    “Doa dari rakyat Jawa Barat untuk rakyat Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Lumajang,” katanya.

    “Kami turut berduka cita atas musibah dari erupsi Gunung Semeru,” ujarnya melanjutkan.

    Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur meletus pada Sabtu (4/12/2021) sehabis ashar. Warga sekitar gunung panik berlarian dan videonya viral di media sosial. Asap membumbung tinggi hingga ketinggian sekitar 3.000 meter yang mengakibatkan langit Lumajang gelap seperti malam.

    Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebut, sebelum erupsi terjadi laharan pada pukul 13.30 WIB.

    “Erupsi Semeru berupa Awan Panas Guguran, tanggal 4 Desember 2021, diawali dengan kejadian laharan pada pukul 13:30 WIB,” ujar Kabid Mitigasi Gunung Api PVMBG Kristanto.

    Ia mengatakan, pada saat kejadian awal visual gunung tertutup kabut. Hingga pukul 16.30 WIB, luncuran awan panas guguran masih berlangsung.

    “Pada saat kejadian awal visual gunung tertutup kabut, Awan Panas Guguran mengarah ke Besuk Kobokan dan hingga saat ini masih berlangsung,” kata Kristanto.

    Sampai saat ini pihak PVMBG masih menghimpun kelengkapan data terkait fenomena tersebut. (Supriyanto)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +