• Jelajahi

    Copyright © m.metropolitan.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Komite Sekolah SMPN 3 Bojongmangu Sambangi DPRD

    Sku Metropolitan
    24/03/22, 16:30 WIB Last Updated 2022-03-25T03:23:56Z

     

    KAB BEKASI, MEDIA METROPOLITAN--- Pesatnya pertumbuhan penduduk di Kabupaten Bekasi tidak diimbangi dengan pembangunan infrastruktur pendidikan. Pertumbuhan pendudk yang begitu pesat, bukan karena tidak berhasil melaksanakan program Keluarga Berencana (KB), melainkan karena Kabupaten Bekasi merupakan Kota Industri terbesar di Asia Tenggaran.
     
    Dengan dibangunnya kawasan industri diikuti dengan pembangunan perumahan, mengakibatkan pertumbuhan penduduk menjadi pesat. Tetapi pembangunan kawasan industri dan pembangunan perumahan, tidak diikuti dengan pembangunan sarana pendidikan.
     
    Masyarakat Kecamatan Bojongmangu, melalui Komite sekolah SPMN 3, telah mengajukan pembangunan gedung SMPN 3 Bojongmangu sejak tahun 2011. Hingga saat ini belum terealisasi. Pengelola sekolah bersama Komite Sekolah setuap tahun mengajukan pembangunan melalui Musrenbang, tetapi selalu kandas.
     
    Karena usulan pembangunan geduang sekolah tidak terealisasi, Ketua Komite Sekolah menengah Pertama (SMP) Negeri 03 Bojongmangu mendatangi Komisi 3 DPRD Kabupaten Bekasi, untuk mempertanyakan usulan pembangunan geduang SMPN 03 yang telah diajukan setiap tahun sejak tahun 2011.
     
    Ketua Komite SMPN 3 Bojong Mangu, Ondang Donald, menjelaskan,  selama 11 tahun pengajuan pembangunan sekolah SMPN 3 Bojongmangu yang tiap tahunnya di usulkan melalui musrenbang dari Desa hingga Kecamatan, kandas terus dan tidak terealisasi sesuai harapan.
     
    Kehadirannya saya dalam rapat dengan Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi, ingin menanyakan ada persoalan apa yang hari ini pembangunan gedung SMPN 3 Bojongmangu tidak juga kunjung terealisasi,” katanya, Kamis (24/03/2022).
     
    Bayangkan, permohonan pengusulan pembangunan SMPN 3 Bojongmangu itu sejak tahun 2011, berbagai cara sudah diusulkan, baik melalui aspirasi dewan, musrenbang, dan lainnya selalu terhambat yang namanya ini dan itu, ungkapnya usai rapat di komisi III DPRD Kabupaten Bekasi,
     
     
    Menurut dia, kendala awal adalah, masalah lahan, dimana sebelumnya Tanah Kas Desa (TKD) yang seyogiya nya diperuntukan untuk pembangunan sekolah SMPN tersebut, namun terbentur dengan aturan yang berlaku. Maka pada akhirnya pihaknya mengajukan penggadaan lahan sekitar tahun 2019 untuk pengajuan kembali pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) nya.
     
     
    "Bayangkan kita punya anak didik 152 yang mana saat ini masih menumpang belajar di SDN Sukabungah 01, Kecamatan Bojongmangu dari tahun 2011 hingga 2022 ini belum juga kelihatan pembangunan yang telah berkali kali diusulkan," kata dia dengan nada kecewa.
     
     
    "Kami kebingunggan harus ke siapa?, sehingga kami menyurati komisi III untuk di fasilitasi atau di bantu. Karena kami bingung karena hasil musrenbang selalu di patahkan dan akhirnya audiensi dengan komisi III," lanjut dia.
     
     
    Alasan alasan yang membuat pembangunan USB SMPN 3 Bojongmangu yang tidak pernah kunjung terealisasi pembangunannya, kata warga sukabungah, di sebutnya tidak jelas benar. "Kemarin katanya refocusing anggaran, terus covid 19, tetapi kemarin tahun 2021 malah ada pembangunan SDN yang sama nilai anggarannya sekitar 3 miliar malah jalan terus, tapi adapun alasan di SMPN 3 ini karena pagu anggaranya terlalu besar sehingga di refocusing," kata nya 
     
     
    Jadi hasil dari pada audiensi ini, papar pria yang pernah menjabat sebagai Ketua di Panwaslu Kabupaten Bekasi periode 2017, menyebut pada akhirnya pihaknya mengajukan kembali permohonan pembangunan kembali USB SMPN 3 Bojongmangu di tahun 2022 untuk di dorong oleh komisi III.
     
     
    Selanjutnya pembangunan tersebut akan di prioritaskan di tahun 2023, dan alhamdulilah sekarang sudah mulai ada titik terang terhadap kejelasan pembangunan USB yang sekian lama di usulkan bisa teresalisasi.
     
     
    "Mudah mudahan apa yang di harapkan warga Bojongmangu memiliki USB SMPN 3 sudah terealisasi. Setidak tidaknya 2023 sudah ada pembangunannya," pungkas dia
    . (ely)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +