• Jelajahi

    Copyright © m.metropolitan.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Pengelola Sampah Organik, Butuh Perhatian Pemerintah

    Sku Metropolitan
    09/03/22, 07:06 WIB Last Updated 2022-03-10T01:37:50Z

     

    KAB BEKASI, MEDIA METROPOLITAN--Pengelolaan sampah organik melalui budidaya Maggot (belatung) akan menjadi keuntungan bagi masyarakat. Hal itu dikatakan Dr Agus, warga Desa Karangsatria Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, di tempat usahanya, depan Villa Gading 2 RT 03/02, Desa Karangsatria, Selasa (8/3).

     

    Jainudin menjelaskan,  pemanfaatan sampah dengan sistem maggot ini juga menjadi bagian dari upaya mendaur ulang sampah rumah tangga, karena memiliki nilai ekonomis. Setelah mengurai sampah, tubuh maggot berubah menjadi kehitaman dan siap dijadikan pakan ternak seperti unggas atau ikan lele, karena maggot punya protein tinggi, kajelasnya.

     

    Dia mengatakan, dalam prosesnya sampah akan diolah dalam budidaya maggot dengan pencacahan dan fermentasi. Kemudian, sampah dimasukan ke wadah atau kotak berisi maggot, dibiarkan hingga sampah organik habis dimakan maggot, uangkapnya.

     

    Menurutnya pengelolaan sampah organik melalu budidaya Maggot, perlu dukungan Pemerintah, baik pemerintah Desa melalui Badan usaha milik Desa (BUMDes), pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Kabupaten, katanya.

     

    “Saya mengundang Kepala Desa Karangsatria dan Camat Tambun Utara untuk melihat langsung kegiatan pengolah sampah organik dan meminta dukungan pengembangan usaha,” Ujarnya.

     

    Sementara itu, Camat Tambun Utara, Najmudin Mamiek, mengapresiasi usaha pengolahan sampah dengan sistem maggot yang dilakukan oleh Dr Agus, warga Desa Karangsatria(Ely)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +