• Jelajahi

    Copyright © m.metropolitan.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Lelang Proyek di Kab Bekasi Diduga Tidak Transparan

    Sku Metropolitan
    21/06/22, 14:14 WIB Last Updated 2022-06-21T07:38:12Z

    KAB BEKASI, MEDIA METROPOLITAN--Proses pelelangan atau tender sejumlah proyek di Kabupaten Bekasi, Provinsis Jawa Barat, disinyalir tidak transparan. Proyek yang nilainya Milliar itu patut disoroti oleh publik maupun Aparat Penegak Hukum. Karena diduga ada permainan guna memenangkan salah satu perusahaan peserta lelang.



    Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Peduli Anak Bangsa (PAB), Drs Halder S, Selasa (21/6).

     

    Pihaknya meminta Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui ULP, PPK, Pokja untuk lebih transparan dalam melakukan proses lelang, sebab, proyek itu menyangkut kepentingan umum. Salah satu lelang Proyek yang diduga tidak trasparan adalah, Rehab Total SDN Sukajaya 01 Pagu : Rp. 2.398.227.340,00 HPS : Rp. 2.398.209.000,00. Lelang tersebut dimenangkan oleh, Mekar Bangun Berkembang, ujar Halder.

     

    Haler menjelaskan, ketidakpatuhan dalam Proses Pemilihan Penyedia Berdasarkan data yang tercatat pada website LPSE Kabupaten Bekasi Provinsi Jawa Barat, POKJA Pemilihan J-2022, diketahui menetapkan Pemenang Lelang Mekar Bangun Berkembang Beralamat Ruko Taman Modern Blok R3 No. 3 Rt.001/006, Ujung Menteng, Cakung - Jakarta Timur (Kota) - DKI Jakarta dimana POKJA Pemilihan J-2022 dalam Pemeriksaan atas proses tender diketahui tidak cermat dan tidak melaksanakan tugasnya dalam melakukan evaluasi Administrasi.

     

    POKJA Pemilihan J-2022 melakukan evaluasi Administrasi terlihat dari adanya permasalahan pada Jadwal yang beroba-obah, dimana dalam Dokumen Peserta di Dokumen penawaran ada tenggang waktu 45 hari kelender yang harus dipatuhi para peserta dengan tanda tangan di Fakta integritas, hal ini mengacu kepada Dokumen Pemilihan.

     

    Sementara dalam Jadwal Tahap tender sudah melampaui waktu 45 hari kelender Sekretariat yang artinya sudah melanggar aturan yang ditentukan dalam Dokumen Pemilihan.

     

    Didalam Fortal salah satu peserta lelang ada mendapat undangan pembuktian kualifikasi yang menghasilkan hasil evaluasi penawaran administrasi dan teknis yang lulus yaitu : 1 (satu) penyedia barang/jasa dengan waktu yang ditentukan dalam jadwal pengumuman tanggal 6 juni dengan batas waktu Jam 14.00 wib, ternyata berselang berjalan waktu pengumuman tersebut ada perobahan hasil evaluasi penawaran administrasi dan teknis sampai tengah malam yang lulus yaitu : 3 (tiga) penyedia barang/jasa, untuk undangan pembuktian kualifikasi, sementara jadwal lpse sudah tutup hal ini kami bertanya kapan waktu di evaluasi yang dua lagi ???.

     

    Dalam penyelusuran di portal lpse Kabupaten Bekasi bahwa Mekar Bangun Berkembang sudah dapat pekerjaan pada waktu bersamaan yaitu paket Rehab Total SDN Kebalen 07.

     

    Hal ini tidak sesuai dengan Dokumen Pemilihan Ayat F PENETAPAN PEMENANG dalam butir 34.4. Dalam hal peserta diketahui mengikuti beberapa paket pekerjaan konstruksi dalam waktu penetapan pemenang bersamaan dan/atau sedang melaksanakan pekerjaan konstruksi lain/yang sedang berjalan, jelasnya,

     

    Halder menambahkan, Apabila menawarkan peralatan yang sama untuk beberapa tender yang diikuti dan dalam evaluasi memenuhi persyaratan pada masing-masing tender, maka hanya dapat ditetapkan sebagai pemenang pada 1 (satu) tender paket pekerjaan setelah dilakukan klarifikasi untuk menentukan peralatan tersebut akan ditempatkan, sedangkan untuk tender lainnya dinyatakan peralatan tidak ada dan dinyatakan gugur.

     

    Apabila peserta menawarkan peralatan yang sama pada paket pekerjaan lain/yang sedang berjalan, maka hanya dapat ditetapkan sebagai pemenang, apabila setelah dilakukan klarifikasi peralatan tersebut tidak terikat pada paket lain;

     

    Ketentuan hanya dapat ditetapkan sebagai pemenang pada 1 (satu) paket pekerjaan sebagaimana dimaksud pada huruf a dan b, dikecualikan dengan syarat: 1) waktu penggunaan alat tidak tumpang tindih (overlap), ada peralatan cadangan yang diusulkan dalam Dokumen Penawaran yang memenuhi syarat.

     

    Lokasi peralatan yang berdekatan dalam pelaksanaan pekerjaan sehingga dapat digunakan sesuai dengan jadwal pelaksanaan pekerjaan; atau 4) kapasitas dan produktivitas peralatan secara teknis dapat menyelesaikan lebih dari 1 (satu) paket pekerjaan.

     

    Apabila menawarkan personel yang sama untuk beberapa tender yang diikuti dan dalam evaluasi memenuhi persyaratan pada masing-masing tender, maka hanya dapat ditetapkan sebagai pemenang pada 1 (satu) tender paket pekerjaan setelah dilakukan klarifikasi untuk menentukan personel tersebut akan ditempatkan, sedangkan untuk tender lainnya dinyatakan personel tidak ada dan dinyatakan gugur, uangkapnya. 


    Kepala Unit Layanan Pengadaan, Iman Nugraha, ketika mau dikonfirmasi di kantor, tidak bisa ditemui, karena pintu masuk tidak bisa dibuka. dikonfirmasi melalui telepon genggamnya, juga tidak berhasil. (Dpt)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +