• Jelajahi

    Copyright © m.metropolitan.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Dinas Perikanan Sediakan Rarusan Ribu Benih ikan

    Sku Metropolitan
    04/07/22, 21:36 WIB Last Updated 2022-07-06T16:32:55Z

     


    KAB BEKASI, MEDIA METROPOLITAN—Sedikitnya 400 ribu,  bibit benih ikan konsumsi disediaka kepada masyarakat.  Jenis bantuan bibit ikan tersebut mulai dari patin, mujair dan ikan lele.

     

    Menurut Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi, Herman Sujito setiap tahun permintaan bantuan bibit bisa mencapai rata-rata diangka 500 Ribuan. Namun, karena kendala keterbatasan lahan, Dinas Perikanan maksimal bisa memberikan bibit ikan bantuan per tahunnya mencapai 400 Ribu ekor benih.

     

    “Kalau bicara kemampuan potensi kita terbatas. Sarana prasana terbatas, standar nasional 2 hektar, tetapi di kita satu hektar. Satu hektar seharusnya bisa mengcover tetapi agak lambat, dari sisi waktu,” ujar, Herman Sujito, yang ditemui diruang kerjanya, Senin (04/07/2022).

     

    Saat ini, Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi memiliki satu hektar lahan yang digunakan untuk kolam pembenihan. Lokasinya berada di wilayah Cipayung, Kecamatan Cikarang Timur.

     

    Herman menjelaskan, Dinas Pertanian juga melakukan survey ke lapangan untuk melakukan seleksi kelayakan pemberian bantuan benih ikan tersebut. Misalnya luas kolam 2 meter persegi permintaan bantuan benih bisa mencapai 20 ribu ekor ikan.

     

    “Ini kaitannya dengan animo masyarakat tentang budidaya, memenuhi syarat atau tidak permintaan masyarakat, diseleksi,” katanya.

     

    Senada Kabid Perikanan dan Budidaya, Toni Dartoni, mengatakan, jumlah bibit ikan yang dibudidayakan Dinas Perikanan jumlah mencapai dua kali lipat. Namun, tidak semua bibit ikan tersebut masuk dalam bantuan hibah ke masyarakat.

     

    “Kita juga ada target retribusi dari penjualan benih itu, target retribusi itu kurang lebih Rp 22 Juta, jadi separoh untuk hibah dan separoh retribusi daerah,” jelas.

     

    Rencananya, Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi juga akan merambah pada bantuan benih ikan hias ke masyarakat. Bahkan, tak hanya perikanan saja, tetapi juga pembudidayaan pada hewan-hewan kecil seperti burung, ayam hias dan lainnya.

     

    “Kajiannya tahun depan, modelnya seperti apa, lokasi yang tepat dimana, kolaborasi dengan dinas apa? Selain ikan hias, hewan kecil, ada burung, ayam hias, ya pokoknya ada sarana penunjang, pemancingan juga ada,” harapnya. (ely)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +