• Jelajahi

    Copyright © m.metropolitan.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Fraksi PDI P Apresiasi Kebijakan Pemkot Bekasi Membantu Siswa Kurang

    Sku Metropolitan
    21/07/22, 09:07 WIB Last Updated 2022-07-21T12:16:36Z

     


    KOTA BEKASI, MEDIA METROPOLITAN--Pembelajaran tahun ajaran baru sudah dimulai, beberapa warga masyarakat Kota Bekasi yang baru lulus dari Sekolah Dasar (SD), tidak tertampung di Sekolah Menengah Pertama (SMP), karena terkendala Zonasi.

     

    Dengan tidak tertampungnya warga Kota Bekasi di SMP Negeri, Pemerintah Kota Bekasi mengalokasikan anggaran sebesar Rp Rp.15 miliar melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bekasi TA 2023, untuk pembiayaan siswa yang kurang mampu di perguruan swasta,

     

    Atas kebijakan Pemerintah Kota Bekasi menggratiskan siswa kurang mampu melanjutkan pendidikan ke sekolah swaata, mendapat dukungan dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.

     

    Anggota DPRD Kota Bekasi dari Farksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Ahmad Faisal Hermawa, SE, menjelaskan, dalam undang-undang disebutkan pemerintah wajib membiayai pendidikan warga negaranya. Hal itu menjadi amanah UUD 1945 Pasal 31.

     

    Secara konseptual dan regulasi, masyarakat berhak memperoleh pendidikan gratis. Kami mengpresiasi kebijakan Pemerintah Kota Bekasi untuk mengaloksasikan anggaran untuk siswa melanjutkan pendidikan di perguruan swasta, karena tidak tertampung di perguruan Negeri, ungkapnya.

     

    Menurutnya, kebijakan pemerintah Kota Bekasi untuk memberikan masyarakat kesempatan untuk menyelenggarakan pendidikan. Dengan pendidikan yang dikelola swasta, negara sebetulnya terbantu, tambahnya.

     

    Perlu diketahui, ada 21.114 calon peserta didik tingkat Sekolah Dasar yang mendaftar dan saat ini sebanyak 17.357 orang lainnya sudah masuk tahap diterima sisanya masih dalam proses. Kemudian ada 20.430 calon peserta didik Sekolah Menengah Pertama yang mendaftar dan saat ini sebanyak 13.163 orang lainnya juga sudah masuk tahap diterima sisanya masih dalam proses, ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Inayatulah.. 


    Inayatulah, menghimbau kepada seluruh orang tua/wali murid mendaftarkan ke sekolah swasta karena Pemerintah Kota Bekasi sudah melakukan MOU dengan sekolah swasta agar bisa menampung siswa yang orangtuanya kurang mampu.

     

    “Saya himbau agar para orang tua/wali murid yang anaknya tidak keterima di SMP Negeri tidak memaksakan diri untuk masuk ke SMP Negeri dan mau mendaftarkan anaknya ke SMP Swasta yang ada di Kota Bekasi. Sekarang kan Pemerintah Kota Bekasi sudah ada MOU dengan sekolah swasta itu gratis bayaran, gratis uang pangkal tidak dimintain, bisa didaftarkan disitu aja,” pintanya.

     

    Penandatanganan MoU PPDB Online 2022/2023 antara Pemerintah Kota Bekasi dengan sekolah swasta di Aula SMP Teratai Putih Global dilaksanakan pada, Rabu (29/6/2022). Adapun target penerima subsidi sekitar 3.500 siswa, dengan anggaran sebesar, Rp.15 miliar melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bekasi TA 2023.

     

    “Bantuan akan diberikan Rp.15 miliar. Kita akan berikan kepada 3.500 siswa tidak mampu pada tingkat SMP. Akan tetapi jika kenyataan di lapangan lebih banyak siswa tidak mampu, jumlah 3.500 siswa ini bisa berubah disesuaikan dengan kondisi di lapangan,” jelasnya.

     

    Subsidi yang diberikan tersebut diperuntukan pembebasan uang pangkal dan uang bulanan.

     

    “Kami akan sosialisasikan bahwa sekolah swasta akan membebaskan uang pangkal dan uang bulanan bagi siswa kurang mampu,” tuturnya.

     

    Subsidi tersebut hanya akan diberikan kepada siswa tidak mampu yang berdomisili di Kota Bekasi. Dibuktikan dengan KTP, KK Kota Bekasi dan terdaftar sebagai warga penerima bantuan Pemerintah berdasarkan DTKS yang dikeluarkan oleh Dinas Sosial Kota Bekasi.

     

    “Bantuan hanya diberikan bagi masyarakat kota Bekasi dan hanya masyarakat tidak mampu saja yang mendapatkan bantuan dibuktikan dari verifikasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),”tutup Inay.

     

    Tercatat ada 165 sekolah swasta yang tersebar di Kota Bekasi yang siap menggratiskan biaya pendidikan bagi siswa tidak mampu berdasarkan surat Kesepakatan Bersama Antara Pemerintah Kota Bekasi dan Badan Musyawarah Perguruan Swasta Kota Bekasi tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Jenjang Pendidikan Dasar Di Kota Bekasi nomor 118 tahun 2022 garis bawah 071/BMPS-Kota.Bks/VI/2022 hari Senin tanggal Dua Puluh bulan Juni tahun Dua Ribu Dua Puluh Dua.(ADV/Beresman)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +