• Jelajahi

    Copyright © m.metropolitan.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Kab Bekasi Terima Bantuan Benih Kacang Dari Kementerian Pertanian

    Sku Metropolitan
    11/07/22, 17:00 WIB Last Updated 2022-07-14T00:59:35Z

     



    KAB BEKASI, MEDIA METROPOLITAN—Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Pertanian menerima benih Kacang tanah untuk ditanam di area seluas 25 hektare. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Nani Suwarni, Senin (11/7/2022).


    Nani Suwarni, menjelaskan,  Dinas Pertanian melaksanakan kegiatan tanam serempak kacang tanah bersama Kelompok Tani Kembang Ligar, di Kampung Bedeng, Desa Karangmulya, Kecamatan Bojongmangu, Kabupaten Bekasi, kegiatan tanam serempak kacang tanah itu, untuk mendukung peningkatan produktivitas para petani.


    "Kami dari Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi mendapat bantuan dari Kementerian berupa kacang tanah, untuk kita tanam di area kurang lebih 25 hektar," ujarnya.


    Nani juga menuturkan, kondisi geografis wilayah Kecamatan Bojongmangu sebagian besar wilayah tadah hujan sehingga untuk tanaman padi hanya bisa ditanam pada musim hujan.


    "Maka dari itu, sambil menunggu musim penghujan, kita mengupayakan agar kegiatan budidaya terus berjalan, salah satunya dengan pengembangan budidaya palawija," ungkapnya.


    Nani melanjutkan, Kabupaten Bekasi untuk tahap selanjutnya, akan mendapatkan bantuan benih kacang kedelai yang akan ditanam pada area seluas 250 hektar.


    "Dan khusus untuk Kecamatan Bojongmangu, kami akan sediakan benih kacang kedelai untuk luas area 100 hektar, tinggal disiapkan aja area tanahnya, agar kedepan kesejahteraan petani dapat meningkat," terangnya.


    Nani berharap, Pemkab Bekasi dapat membantu para petani, untuk meningkatkan pendapatan, sekaligus ada aktivitas budidaya sambil menunggu musim tanam padi berikutnya.


    Sejauh ini, kata Nani, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi akan fokus di wilayah Bojongmangu, sebagai pilot project pengembangan budidaya kacang tanah.


    "Kalau ini berhasil, kita akan kembangkan ke wilayah yang lainnya di Kabupaten Bekasi," ungkapnya

    .

    Di tempat yang sama, Kepala Desa Karangmulya, Jaka Suteja, menyampaikan terimakasih kepada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi yang telah membantu kelompok tani yang ada di Bojongmangu.


    "Mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini, bisa meningkatkan perekonomian petani yang ada di wilayah kami," ujarnya.


    Pihaknya berharap, petani yang mendapatkan bantuan bibit kacang tanah, bisa mendapatkan keuntungan dan hasil yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.


    "Kami berharap bantuan yang diberikan pemerintah ini bisa mencukupi kebutuhan hidup dan bisa mensejahterakan para petani yang ada di Desa Karangmulya ini," harapnya.(Ely)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +