• Jelajahi

    Copyright © m.metropolitan.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    PN Kota Bekasi Lakukan Terobosan Baru

    Sku Metropolitan
    05/07/22, 23:03 WIB Last Updated 2022-07-05T16:03:12Z

     


    KOTA BEKASI, MEDIA METROPOLITAN--Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Kusus Kota Bekasi, Bongbongan Silaban, terus meningkatkan terobosan baru untuk memberikan pelayanan terhadap pencari keadilan.

     


    Ketua Pengadilan Negeri Kota Bekasi, Bongbongan Silaban, menjelaskan, adapun terobosan yang paling menonjol adalah, pembuatan loket Pojok Eksekusi disebut juga unit eksekusi, uangkapnya.

     

    “Di loket ini pencari keadilan akan lebih memudahkan proses eksekusi, tidak lagi dengan proses yang bertele-tele karena, proses administrasinya telah dipangkas, ujarnya.

     

    Menurutnya, selain Loket Pojok Eksekusi, sebelumnya telah  menerbitkan Aplikasi, E-Peduli dan Jumat Layanan Prima. Aplikasi ini  salah satu bentuk Layanan langsung, dari Pimpinan Pengadilan kepada para pencari keadilan, yang dilakukan setiap hari Jumat. Aplikasi ini juga, menjalin kerja sama antar instansi yang lain dengan membangun loket, seperti Bank Tabungan Negara (BTN) dan Kantor Pos Indinesia, akan lebih mudah menyetor biaya perkara, serta memudahkan  mengirim surat dan dokumen serta melegalisir dokumen yang berkaitan dengan berkas perkara, tuturnya.

     

     

     

    Sementara, Arianto, korninator unit eksekusi menjelaskan, dengan dibuatkannya loket Pojok Eksekusi, Ketua Pengadilan melihat proses permohonan eksekusi, selama ini cukup panjang ditangan pejabat intern pengadilan, yaitu berawal pendaftaran ke PTSP, kemudian berkas diserahkan secara bertahap ke Bagian Umum, Panitera, Jurus Sita, Panmud Perdata, koordinator juru sita, balik lagi ke Panitera untuk menunjuk Juru Sita, kemudian berkas dilanjutkan ke Panmud Perdata dan Jurusita yang ditunjuk meneruskan ke KPN untuk menerbitkan Penetapan Eksekusi, bisa-bisa memakan waktu satu minggu hingga satu bulan, katanya.

     

    Dia menambahakan, setelah ada, Pojok Eksekusi, hanya memakan waktu tiga hari  paling lama satu minggu, karena prosesnya sangat simpel yaitu, pendaftaran ke PTSP dilanjutkan ke Bagian Umum untuk di Scan, dimasukkan ke E-surat (Aplikasi KPN), kemudian berkas diserahkan ke koordinator eksekusi untuk diteliti kelengkapan berkas, selanjutnya diserahkan ke KPN untuk penerbitan Penetapan Eksekusi.

     

    Arianto, melanjutkan, dengan dibuatkan pojok eksekusi, keamanan berkas terjamin, tidak ada lagi alasan terselip karena yang menangani dan bertanggung jawab hanya satu orang yang didampingi hakim pengawas dari intern Pengadilan kota Bekasi, uangkapnya.

     

    "Setelah saya ditunjuk menjadi koordinator unit eksekusi, telah menyelesaikan 10 perkara eksekusi, semua berhasil, yang paling lama hanya satu minggu, itupun disebabkan berkasnya belum lengkap," terang Arianto (beresman)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +