• Jelajahi

    Copyright © m.metropolitan.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Cepoko Gelar Bersih Desa Di Dusun Ngumpak 2

    Sku Metropolitan
    08/08/22, 20:39 WIB Last Updated 2022-08-08T13:52:37Z

     


    NGAWI. MEDIA METROPOLITAN-  Pemerintah Desa Cepoko, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur dalam kesempatan ini menggelar acara Bersih Desa di Dusun Ngompak 2 sebagai bagian nguri-uri/ melestarikan adat istiadat dan budaya yang sudah ada secara turun temurun di Desa Cepoko.

     

    Tradisi  Bersih Desa sebagai upacara adat memiliki makna spiritual dibaliknya. Bersih Desa bertujuan untuk mengungkapkan syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang didapat. Selanjutnya, upacara bersih desa bertujuan untuk memohon perlindungan kepada danyang/ pepunden sebagai penjaga desa dari hal-hal negatif dalam kehidupan sehari-hari.

     

    Kepala Desa Cepoko, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Nuryanto, SE menjelaskan, bahwa Tujuan bersih desa ini adalah untuk menaikkan syukur kepada Tuhan, Dan memohon berkat agar hasil panen berikutnya melimpah, seluruh warga diberi kesehatan dan menjadikan desa yang aman, tentram, gemah ripah loh jinawi.

     

    “Harapan ke depan, semoga Pemerintah Desa Cepoko semakin maju dan meningkat perekonomian seluruh warga masyarakatnya melalui hasil pertanian, peternakan dan sektor-sektor vital yang berkaitan dengan ekonomi masyarakat, serta seluruh warga masyarakat diberikan kesehatan, keamanan, dan ketentraman, Mas.”pungkasnya. (29/7)

     

    Acara Bersih Desa ini berlangsung dengan khidmat dan lancar, hingga selesainya tanpa ada kendala apapun. Semoga apa yang didoakan dan harapan seluruh warga masyarakat Dusun Ngompak 2, lewat Bersih Desa ini mendapatkan Ridhlo dari Allah SWT dan terkabul. Amin. (SR)

     


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +