• Jelajahi

    Copyright © m.metropolitan.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Air Kiriman Genangi Perumahan Griya Setu Permai

    Sku Metropolitan
    08/10/22, 08:24 WIB Last Updated 2022-10-08T01:24:06Z

     


    KAB BEKASI, MEDIA METROPOLITAN--Tingginya intensitas hujan yang melanda Kabupaten  Bogor menyebabkan meningkatnya volume Sungai Cileungsi. Imbasnya, Perumahan Griya Setu Permai, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, terdampak banjir pada Jumat (7/1/2022).

     

    Anggota BPBD Kabupaten Bekasi, Irwan menjelaskan, banjir yang merambah permukiman warga disebabkan karena banjir kiriman akibat meningkatnya volume debit air Sungai Cileungsi.

     

    "Perumahan Griya Setu Permai ini kan dilewati Kali Cisadang yang alirannya berasal dari Sungai Cileungsi, jadi ini banjir kiriman, bukan karena huja  lokal," ucap Irwan saat dikonfirmasi.

     

    Ia menjelaskan Kali Cisadang meluap ke permukiman warga sejak dini hari tadi. Ketinggian banjir di siang hari bahkan mencapai 90 centimeter.

     

    Hal tersebut menyebabkan sejumlah masyarakat terpaksa melakukan evakuasi secara mandiri.

     

    "Banjirnya lumayan lama, dari tadi malam sampai siang. Kebanyakan warga evakuasi mandiri karena masih bisa jalan kaki. Cuma ada lima orang yang dievakuasi menggunakan perahu karet yang kami siapkan," tuturnya.

     

    Ia bersyukur meski hujan lebat mengguyur kawasan tersebut pada siang hari, namun kini ketinggian air telah berangsur surut dan bisa dilewati kendaraan bermotor.

     

    "Meski hujan lebat tadi siang, di sini enggak akan kenapa-kenapa kalau Sungai Cileungsi-nya masih normal. Sekarang sudah surut jadi 10-20 centimeter lah," katanya.

     

    Namun demikian, ia mengimbau kepada warga untuk tetap bersiaga dan memantau perkembangan intensitas hujan di wilayah hulu sehingga bisa mempersiapkan diri sebelum banjir merambah permukiman.

     

    "Mudah-mudahan di hulu enggak hujan lagi. Kami masih menunggu kabar. Kalai memang masih hujan, kemungkinan besar air naik lagi di malam hari," ungkap Irwan. (dpt)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +