• Jelajahi

    Copyright © m.metropolitan.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Pemkab Bekasi Gelar Acara Festival Gebyar Mer-Desa

    Sku Metropolitan
    28/10/22, 00:19 WIB Last Updated 2022-10-27T17:19:23Z

     

    KAB BEKASI, MEDIA METROPOLITAN--Patriot Desa sebagai program unggulan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat, menggelar acara Festival Gebyar Mer-Desa di Graha Pariwisata Kabupaten Bekasi, Cikarang, Kamis (27/10/2022).

     

    Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainiarti, mengungkapkan, acara tersebut digelar dengan tujuan mengedukasi para perangkat desa untuk memanfaatkan potensi di wilayahnya.

     

    "Setiap desa harus memanfaatkan sumber daya yang ada, sehingga nanti pengembangan desa bisa lebih maksimal. Jadi sebenarnya aset desa itu ada banyak yang masih bisa digali lagi potensinya, baik dari SDM dan lainnya. Sehingga kami hari ini duduk bareng" ujar Sri Enny usai membuka Festival Gebyar Merdesa di lokasi.

     

    Sebuah desa yang mandiri bisa lebih leluasa untuk mengembangkan wilayahnya sehingga akan meningkatkan kualitas dan mutu SDM masyarakat lokal di Kabupaten Bekasi.

     

    "Nanti kalau desanya lebih mandiri, akan memiliki kontribusi yang lebih besar untuk pembangunan desa dan masyarakatnya. Jadi enggak nunggu arahan dari pemkab atau pemerintah pusat," ucapnya.

     

    Senada dengan Sri Enny, Ketua Pelaksana acara Festival Gebyar Mer-Desa dari Patriot Desa, Linda Dayanti menjelaskan wilayah Kabupaten Bekasi sebagai kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara, bisa dimanfaatkan untuk menunjang kemajuan masyarakat di pedesaan.

     

    "Harapannya pemerintah desa juga bisa melibatkan pihak lain untuk pembangunannya, seperti bekerja sama dengan stake holder melalui dana CSR perusahaan dan lainnya," kata Linda.

     

    Pihaknya yang memiliki 11 orang fasilitator atau pendamping yang tersebar di 11 desa se-Kabupaten Bekasi, dalam hal ini, berperan aktif untuk menjembatani masyarakat desa dengan pihak DPMD Kabupaten Bekasi atau Provinsi Jabar, maupun perusahaan swasta.

     

    "Kami lebih menjembatani dan menginformasikan antara dinas ke desa, atau dari swasta ke desa. Jadi kalau mereka punya suatu program yang bisa dikembangkan, akan kami upayakan untuk dipertemukan antar kedua belah pihak," tuturnya.

     

    Selain itu, seorang fasilitator Patriot Desa juga memiliki fungsi untuk membuat suatu program yang bermanfaat bagi masyarakat desa.

     

    "Seperti di Kecamatan Setu yang fasilitatornya mengumpulkan para pengusaha UMKM sehingga sekarang forum UMKM-nya sendiri bisa eksis. Kemudian kami hubungkan mereka ke dinas sehingga mereka punya akses untuk lebih mengembangkan usahanya," kata Linda. (dpt)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +