• Jelajahi

    Copyright © m.metropolitan.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Pemkot Bekasi Lakukan Pengerukan Lumpur Sungai

    Sku Metropolitan
    10/10/22, 12:46 WIB Last Updated 2022-10-10T05:46:45Z

    KOTA BEKASI, MEDIA METROPOLITAN- Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi terus berupaya menyiapkan berbagai langkah untuk menghadapi musim hujan. Salah satunya Pemkot Bekasi semakin mengintensifkan pengerukan lumpur di sungai, kali dan juga saluran di Kota Bekasi.

     

    Kepala Bidang Sumber Daya Air DBMSDA Kota Bekasi, Anjar Budiono, mengatakan mengaku pihaknya rutin melakukan pengerukan lumpur di berbagai saluran. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi datangnya musim hujan.

     

    “Berbagai langkah antisipasi kita rutin melakukan pengerukan lumpur saluran. Dan di saat musim hujan ini, kami makin meningkatkan pengerukan itu serta normalisasi saluran di lingkungan, dengan perbaikan dan pembuatan sodetan, bahwa penyebab banjir di antaranya adalah pendangkalan, penumpukan sampah dan penyempitan saluran termasuk belum terkoneksinya saluran primer dan saluran,” ujar Anjar Budiono menjelaskan melalui sambungan telepon seluler.

     

    Bahkan, lanjut Anjar mengatakan, langkah pengerukan pada anak sungai sudah diberlakukan.

    “Dengan cara ini, diharapkan bisa mengantisipasi genangan air. Beberapa wilayah telah dilakukan,” ucapnya

     

    Datangnya musim hujan, sambung Anjar menyampaikan, Petugas saat ini gencar diterjunkan termasuk untuk mengeruk sedimentasi setiap saluran air, bahkan petugas pematusan masuk gorong-gorong untuk mengeruk pendangkalan saluran.

     

    Dengan ini, Pemerintah Kota Bekasi melalui DBMSDA berupaya maksimal dengan berbagai antisipasi. Petugas pematusan dan Unit Reaksi Cepat (URC) dengan penuh siaga mengantisipasi dampak dari curah hujan yang sangat tinggi intensitasnya.

     

    “Bekerja, bersiap siaga tim melakukan pengerukan dan peningkatan kapasitas daya tampung saluran di berbagai wilayah, lalu tim URC siaga dalam 24 jam,” kata dia.

     

    Ia juga menjelaskan pihaknya terus melakukan pengecekan setiap pompa air dan penambahan kapasitas rumah pompa yang ada di beberapa tandon air serta perbaikan tanggul. (EZ)


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +