• Jelajahi

    Copyright © m.metropolitan.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    SDN Kec Limo Sosialisasikan Pembelajaran Sehat dengan Sari Kurma

    Sku Metropolitan
    19/10/22, 18:59 WIB Last Updated 2022-10-19T11:59:25Z

     


    DEPOK, MEDIA METROPOLITN—Pembelajaran Berdiferensiasi SEHAT dengan SARI KURMA, yang diinovasi seorang guru, Triningsih, S.Pd, M.Pd, disosialisasikan di SDN Maruyung Kecamatan Limo Depok, Selasa (18/10).


     Hadir dalam acara sosialisasi,  Kepala Bidang ( Kabid ) Dinas pendidikan Kota Depok, Wawang Buang, Pengawas SDN Kecamatan limo, Dede Sulaeman, K3S SDN Kecamatan Limo, Maman SPd, serta para Kepala Sekolah SD se Kecamatan Limo.


     Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan peserta didik. SEHAT dengan SARI KURMA, merupakan model pembelajaran berdiferensiasi yang diinovasi oleh Triningsih, S.Pd SD, M.Pd. Guru SD Negeri Meruyung Kota Depok Provinsi Jawa Barat.


     Guru yang memiliki segudang karya dan prestasi diantaranya Juara Guru Berprestasi Tk Kota Depok Tahun 2020 dan 2022. Triningsih merupakan lulusan S2 Magister Pendidikan Dasar Universitas Terbuka dan saat ini sedang menempuh pendidikan S3/ Doktor Manajemen pendidikan. Prestasi lain yang diperoleh adalah Peraih Hibah Penelitian Disertasi Doktor (PDD) Kemendikbudristek Tahun 2022.

    Dirinya menjelaskan, SEHAT dengan SARI KURMA merupakan kepanjangan dari Siswa Kreatif dan Hasil Belajar Meningkat dengan Satu Hari. Kuasai Materi Buat Resume Modifikasi Mentoring dan Apresiasi. Kegiatan ini merupakan implementasi pembelajaran berdiferensiasi yang menerapkan literasi teknologi QR Barkode, Rumah Belajar Kemendikbud, Canva for Education dan Classpoint.


     Kegiatan di awali dengan melakukan asesmen awal pembelajaran dengan menanyakan tentang interaksi manusia yang mereka kuasai. Setiap peserta didik menjawab dengan jawaban berbeda ada interaksi manusia dengan lingkungan alam, lingkungan sosial, lingkungan budaya dan lingkungan ekonomi. Setelah itu siswa di kelompokan dan diberikan bahan ajar yang sesuai dengan pemahaman awalnya. Bahan ajar diberikan dalam bentuk QR Barkode sehingga siswa harus menscan barkode.


     Antusias peserta didik sangat tinggi ketika melakukan scan barkode hal ini terlihat saat mereka aktif dan bahagia. Untuk menambah wawasan peserta didik diminta untuk mengakses portal rumah belajar di https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/, hal ini agar mereka mengakses sumber belajar yang resmi dan terpercaya. Hasil dari materi yang dibaca kemudian dibuat resume, sebelumnya guru memberikan materi bagaimana membuat resume. Materi diberikan dengan menggunakan aplikasi classpoint sehingga mereka dapat melihat presentasi secara online.

     
     Resume yang sudah dibuat di modifikasi dengan menggunakan Canva for Education. Aplikasi ini digunakan karena memiliki banyak fitur seperti tulisan, suara, dan video sehingga sesuai dengan minat peserta didik. Setelah dibuat canva kemudian dibuat QR Barkode.

     
     Langkah terakhir dari pembelajaran Sehat dengan Sari Kurma memberikan apresiasi dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempresentasikan hasil kerjanya sehingga siswa lain dapat memahaminya. Misalnya, peserta didik yang membuat resume tentang interaksi lingkungan alam mempresentasikan kepada temannya sehingga peserta didik lain yang belum memahaminya menjadi paham begitu juga dengan interaksi yang lain. Apresiasi yang lain adalah dengan membuat antologi pantun karya kelas Vc SD Negeri Meruyun.

     
    Dia mengatakan dengan Pembelajaran Sehat dengan Sari Kurma terbukti dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar meningkat. Selain itu kegiatan ini juga meningkatkan literasi membaca dan literasi teknologi yang sangat dibutuhkan oleh peserta didik.

     
    Harapannya kedepan dapat menciptakan inovasi pembelajaran yang lebih dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Harapan lain dari kegiatan diseminasi guru di sekolah lain dapat terinspirasi untuk melakukan praktik baik pembelajaran berdiferensiasi. Praktik baik pembelajaran ini juga sudah di bukukan dengan judul “ BERDIFERENSIASI SEHAT DENGAN SARI KURMA”

     
    Ketua MKKS SDN Limo yang juga Kepsek SDN Maruyung,
    Maman SPd, berharap dengan sosialisasi Berdifersiasi SEHAT dengan SARI, Guru dapat melakukan pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan peserta didik, melakukan pengembangan diri dan meningkatkan kwalitas profesionalisme Guru. ( Jalampong )
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +