• Jelajahi

    Copyright © m.metropolitan.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    PDU Mekarmukti Dijadikan Proyek Percontohan TPS3R

    Sku Metropolitan
    23/11/22, 22:06 WIB Last Updated 2022-11-23T15:06:26Z

     


    KAB BEKASI, MEDIA METROPOLITAN--Pj Bupati Bekasi mengunjungi lokasi Pusat Daur Ulang (PDU) Mekarmukti di Desa Mekarmukti, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Rabu(23/11/2022).

     

    Ada pun kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka mengecek lokasi yang dijadikan tempat pengolahan sampah dari masyarakat di sekitar lokasi.

     

    Dani sangat mengapresiasi keberadaan PDU yang mampu mengolah sampah bernilai ekonomis sehingga mendatangkan manfaat bagi masyarakat.

     

    "Di Mekarmukti ini sudah berjalan dan masih bisa ditingkatkan lagi. Ada beberapa area untuk pembuatan maggot, kemudian daur ulang, ini sudah jalan sehingga bisa ditingkatkan kedepannya," kata Dani di lokasi.

     

    Ia pun terkesan dikarenakan meski lokasi tersebut menampung ratusan kilogram sampah plastik, namun tak sedikit pun mengeluarkan bau tak sedap.

     

    "Karena di sini kan sampah-sampah yang sudah dipilah, makanya enggak bau sama sekali. Ini contoh yang baik karena kalau dikelola baik, tidak akan mengeluarkan bau," tuturnya.

     

    Oleh sebab itu, ia menginginkan agar kedepannya PDU Mekarmukti bisa menjadi Bank Sampah Induk yang akan menampung sampah plastik di Kecamatan Cikarang Utara.

     

    Pihaknya akan melakukan rangkaian studi agar PDU Mekarmukti dijadikan proyek percontohan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) di berbagai wilayah, seperti yang direncanakan oleh Pemkab Bekasi.

     

    "Ini sebagai contoh bank sampah, jadi sebelum bank induk menampung sampah-sampah plastik, nantinya bisa ke sini dulu. Sedang kami rancang dulu karena di Mekarmukti ini bisa dijadikan untuk kelas kecamatan," ucap Dani.

     

    Sementara itu, Kepala PDU Mekarmukti, Zainudin menjelaskan dalam sehari, pihaknya mampu menangani 200 kilogram sampah plastik bernilai ekonomis dari 7 bank sampah di sekitar Cikarang Utara.

     

    "Ini menjadi harapan kami semua agar sampah-sampah plastik bisa dimanfaatkan sehingga bisa menghasilkan uang dan bermanfaat bagi masyarakat," ucap Zainudin. (dpt)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +