• Jelajahi

    Copyright © m.metropolitan.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    BPBD Gandeng GMBI Jadi Relawan Kebencanaan

    Sku Metropolitan
    20/12/22, 21:01 WIB Last Updated 2022-12-20T14:01:36Z

     


    KAB. BEKASI MEDIA METROPOLITAN-- Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) dalam mencegah terjadinya bencana daerah terus dilakukan. Salah satunya dengan menggandeng elemen masyarakat, seperti LSM, Ormas, Pengusaha dan Media.


    Terbaru, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) yang di gandeng  BPBD dalam kegiatan sosial masyarakat tersebut. Digandengnya LSM GMBI ini setelah adanya audiensi dengan BPBD.


    "Jadi GMBI ini melakukan audiensi ke kita (BPBD) perihal bahwa GMBI ini sudah membentuk tim 133 dan tim 33. Jadi tim yang sudah dibentuk LSM GMBI ini ingin dilibatkan dalam kegiatan kebencanaan di Kabupaten Bekasi," kata Kepala BPBD, Muchlis usai audiensi dengan LSM GMBI, Selasa, (21/12/22).


    Ia menjelaskan, BPBD ini menghimpun semua kekuatan, jadi bukan hanya GMBI saja yang dilibatkan dalam kegiatan kemanusiaan ini. Karena di kabupaten Bekasi ini sudah ada tim 44 garda yang tergabung dalam relawan mantap. Disitu GMBI bisa bergabung.


    Muchlis juga menyarankan, agar LSM GMBI bisa bergabung dengan FPRB yang sudah terbentuk di setiap kecamatan. Di FPRB sendiri berisikan dari dunia usaha, pemerintah, media, kemudian ada ormas-ormas juga di dalamnya.


    "Jadi suatu daerah itu mampu apabila semua elemen masyarakat menyadari dan ikut serta berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kebencanaan," tandasnya. 


    Sekretaris GMBI Faisyal Syukur mengatakan, audiensi ini bertujuan untuk memperkenalkan bahwa Lsm GMBI Kabupaten Bekasi ini bersinergi mendukung program Pemkab Bekasi dalam hal penanggulangan bencana.


    “Lsm GMBI ini berke­dudukan sebagai kepanjangan tangan dari masyarakat Kabupaten Bekasi,” katanya.

    Faisyal menuturkan LSM GMBI ini sebagai selaku sosial-kontrol monitoring dan evaluasi terhadap kebijakan-kebijakan dari Pemerintahan Kabupaten Bekasi.


    “Oleh karena itu kita LSM GMBI mengenalkan tim 133 kepada pemerintah Kabupaten Bekasi dalam hal ini anggota yang diperuntukan kesiapannya dalam program pemerintah yakni penanggulangan bencana,” katanya.


    Faisal mengungkapkan program GMBI kali ini bukan hanya saja mengontrol dalam kebijakan pemerintah daerah, saat ini pihaknya pun fokus kepada penanggulangan persoalan kebencanaan. (Ely)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +