• Jelajahi

    Copyright © m.metropolitan.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Pj. Bupati Louncing Seragam Petugas Disdukcapil

    Sku Metropolitan
    06/01/23, 21:24 WIB Last Updated 2023-01-10T00:57:58Z

     


    KAB. BEKASI MEDIA METROPOLITAN - Banyaknya masyarakat yang berasumsi bahwa petugas pelayanan administrasi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi kerap melakuakan pungutan liar dalam memberikan pelayanan administrasi ke masyarakat. 


    Mendengar stigma keluhan masyarakat itu, Disdukcapil Kabupaten Bekasi pun membuat tampilan baru dengan melouncing seragam bernama pelayanan, hal ini untuk pembeda antara petugas dan para oknum calo.


    “Louncing seragam baru itu menandai awal tahun baru 2023 dengan semangat barunya Disdukcapil, terlebih ini membuat stigma keluhan masyarakat berubah terhadap pelayanan administrasi kependudukan di Disdukcapil,” tutur Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Gedung Swatantra Wibawa Mukti, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi Jumat, (06/01).


    Dani menuturkan keluhan yang paling banyak diterima dari masyarakat adalah mulai dari kelangkaan pada Blanko hingga masih kerap didapati pungutan-pungutan liar di kantor pelayanan administrasi.


    “Sejak bulan oktober memang droping Blanko sudah berkurang, bukan hanya di daerah Kabupaten Bekasi saja, daerah lain pun se-Indonesia juga berkurang, karena ini dari pusat,” katanya.


    Berawal dari kelangkaan Blanko ini lah stigma negatif pandangan masyarakat kepada Disdukcapil ini seakan-akan buruk.


    “Kemudian mucul oknum tidak bertanggung jawab untuk memanfaatkan keuntungan di situasi keadaan yang sedang sulit, beberapa oknum memanfaatkan untuk ajang percaloan dalam hal ini melayani administrasi masyarakat,” ujarnya.


    Dani menjelaskan dilakukan nya perubahan tampilan baru pada petugas pelayanan Disdukcapil bermula untuk dilakukannya perbaikan dan pembenahan sistem pelayanan, terlebih semangat  para petugas untuk melayani masyarakat harus di tingkatkan.


    Disdukcapil pun lanjut Dani sudah mempunyai komitment dan upaya untuk memberikan  perubahan dengan cara membedakan tampilan para petugas dengan para oknum calo.


    “Seiring dengan pesatnya perkembangan zaman. pelayanan Disdukcapil harus lebih prima untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” terangnya.


    Sementara itu Kepala Disdukcapil, Carwinda mengatakan untuk masyarakat bisa juga  mendapatkan pelayanan secara digital maupun secara online


    “Saat ini pembuatan E-KTP Digital, Disdukcapil sudah bisa melayani masyarakat, akan tetapi syaratnya masyarakat harus memiliki handphone berbasis Android,” tuturnya


    Ia berharap kedepannya Disdukcapil sudah tidak akan mencetak kembali lagi untuk pembuatan KTP secara fisik.


    “Untuk kedepannya kita berencana memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dengan sistem online,” imbuhnya


    Kendati demikian pihaknya sebenernya  sudah memiliki dan menerapkan beberapa aplikasi secara daring untuk memberikan pelayanan baik secara digital atau online.


    “Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat kita bisa dengan dua cara, baik secara online maupun secara fisik masih dilakukan,” tandasnya.

    (ely)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Pendidikan

    +