3.800 Hektar Sawah di Kabupaten Bekasi Gagal Panen

oleh -130 Dilihat
 
 

3.800 Hektar Sawah di Kabupaten Bekasi  Gagal Panen

KAB.BEKASI, MEDIA METROPOLITAN – Kerugian akibat banjir yang terjadi di Kabupaten Bekasi tidak hanya kerusakan rumah dan hilangnya harta benda warga. Kerugian pun dialami sektor pertanian karena  ribuan hektar sawah ikut terendam sehingga gagal panen dan tanam.
Data dari Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi seluas 3.800  hektare  sawah terendam banjir.


“Seluas 48.244 hektare  pesawahan, dari jumlah itu  seluas 3.800 hektare sawah terancam gagal panen,” kata Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Nayu Kulsum, kepada Metropolitan, rabu (24/2/2021).

Nayu mengungkapan, bahwa luas 3.800  hektare tersebut, merupakan hasil pedataan minggu  lalu. Jadi  datanya terbaru yang gagal panen pekan kedua Februari, pihaknya belum terima.

“Angka tersebut belum termasuk imbas dari jebolnya tanggul Citarum di Kecamatan Pebayuran beberapa hari yang lalu,” ungkap.

Baca Berita :

Untuk membantu para petani yang dipastikan gagal panen itu, Ia mengatakan pihaknya akan melakukan pendaatan terlebih dahulu. Tapi yang bisa dilakukan saat ini adalah  ketersediaan pupuk bersubsidi tetap ada.

“Dinas akan mengajukan alokasi tambahan pupuk bersubsidi,”tuturnya.

Lanjutnya,  pihaknya akan melakukan langkah-langkah berkordinasi dengan dinas terkait untuk melakukan normalisasi saluran-saluran irigasi persawahan yang sudah mengalami pendangkalan.

” Iya nanti kita akan di kerjasamakan dengan instansi terkait, seperti Dinas Bina Marga, Dinas SDM BMBK, BBWS,  PJT dan teknis yang lainnya,” kata dia. (Ely)

No More Posts Available.

No more pages to load.