Kades Lantik Pengurus Karang Taruna Pariksabungan

oleh -136 Dilihat

 

TAPUT, MEDIA METROPOLITAN– Pengurus Karang Taruna Desa Pariksabungan, Kecamatan Siborong borong, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatrera Utara, masa bakti Tahun 2021-2023 resmi dilantik.

Acara pelantikan dipimpin langsung oleh Kepala Desa Pariksabungan, Mangatur Tampubolon SH, di Desa Pariksabungan, Sabtu (8/5/).

Proses pelantikan dan pengukuhan pun berlangsung meriah.  Untuk diketahui, dalam pelaksanaan pelantikan telah mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang dianjurkan pemerintah.

Pelantikan pengurus karang taruna dihadiri Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan masyarakat dari Kampung Pintu Bosi, Kapung sipintu pintu dan Kampung Silangit.

Pelaksanaan Pelantikan Pengurus Karang Taruna Masa Bakti 2021-2025 diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan pelantikan serta pengukuhan.

Kepala Desa Pariksabgungan, Mangatur Tampubolon SH, dalam sambutannya mengimbau pada pengurus Karang Taruna yang dilantik agar bisa menjalankan fungsi masing-masing dengan sebaik-baiknya.

“Karang taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggungjawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda yang ada di wilayah Desa Pariksabungan. Sebagai organisasi Kepemudaan harus mampu memaksimalkan perannya sebagai simbol kepemudaan yang sosial, kreatif dan inovatif,” kata Mangatur.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Desa Pariksabungan yang baru dikukuhkan, Manogam Tampubolon, mengungkapkan, ini adalah langkah awal bagi kami untuk melakukan gebrakan-gerakan besar ke depannya.

“Karang taruna sebagai anak kandung dari Pemerintah Desa sehingga berharap mampu bersinergi dan bekerjasama dengan Pemerintah Desa,” ungkap Manogam.

Manogam, menambahkan, kerja-kerja karang taruna butuh kritikan, konsep, ide dan gagasan sehingga kami mampu bekerja, berkreasi dan berinovasi untuk kemajuan Desa Pariksabungan.

“Kami tidak ingin kehadiran organisasi Karang Taruna di Desa Pariksabungan hanya simbolik saja, tapi kami ingin menjalankan dan mengaktualisasikan konsep, ide, gagasan, sehingga asas manfaatnya dirasakan bersama oleh masyarakat,” tegasnya.

Di tempat yang sama Tokoh masyrakat, Gunter Simanjuntak S.Pd, mengatakan, Karang Taruna sebagai organisasi besar memiliki tugas dalam membawa perubahan ke arah positif, harus ikut berperan membantu pemerintah dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh Karang Taruna yang telah dilantik untuk masa bakti 2021-2025.Dengan mengucapkan sumpah dan janji, jadikanlah sebagai pedoman dalam menjalankan tugas dan kewajiban dengan baik sesuai tupoksi sebagai organisasi kepemudaan, sehingga dapat menjadi mitra pemerintah dalam pembangunan dan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan sosial,” tutur Gunter.

Selanjutnya, Gunter berpesan, Karang Taruna harus menjadi motor penggerak bagi generasi muda dan masyarakat dalam bidang sosial kemasyarakatan, keagamaan, perekonomian, pertanian.

Menjadi wadah bagi pemuda dalam menuangkan ide dan gagasan kreatif sehingga dapat menghasilkan inovasi bagi kemajuan desa,” kata Gunter.      (DPT)

No More Posts Available.

No more pages to load.