Pemberangkatan Haji 2021: Kemenag Kabupaten Bekasi Tunggu Keputusan Pemerintah Pusat

oleh -130 Dilihat
Pemberangkatan Haji 2021: Kemenag Kabupaten Bekasi Tunggu Keputusan Pemerintah Pusat
Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bekasi, H. Sopian/Doc

 

KAB.BEKASI, MEDIA METROPOLITAN  Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bekasi hingga sekarang masih menunggu keputusan dan informasi dari pemerintah pusat apakah tahun 2021 kuota haji untuk jemaah dari Kabupaten Bekasi bakal diberangkatkan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, H. Sopian mengatakan  sampai sekarang pihaknya belum mendapatkan kabar terkait keputusan ibadah haji 2021 dari pemerintah pusat. Sehingga belum bisa memastikan apakah tahun ini ada pemberangkatan atau tidak.

“Masih belum tahu, apakah tahun ini jadi diberangkatkan atau tidak. Sebab, masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat,” katanya kepada Metropolitan, diruang kerjanya, Senin (29/3).

H.Sopian menjelaskan, belum adanya informasi resmi dari pusat mengakibatkan calon jamaah haji di tahun 2020 terancam gagal berangkat ke tanah suci. Akan tetapi, Kemenag Kabupaten Bekasi telah melengkapi dokumen para calon jamaah Haji jika sewaktu-waktu ada informasi pemberangkatan.

“Kami telah melengkapi dokumen-dokumen pemberangkatan CJH. Jika, tahun ini pemberangkatan dilaksanakan,” ungkap H.Sopian.

Dirinya mejelaskan, sebelumnya ada kebijakan yang membatalkan keberangkatan jamaah haji pada 2020 lalu akibat pandemi Covid-19. Perihal keberangkatan, pihaknya lebih memilih untuk menunggu keputusan resmi dari pemerintah pusat.

”Kami menunggu resminya. Biasanya, kalau ada keputusan dari sana pasti nanti akan turun dari Jakarta kemudian akan disampaikan ke kita melalui Kanwil,” ungkapnya.

Pihaknya minta para calon jemaah haji untuk menjaga daya tahan tubuh, menjaga kebersihan dengan cara cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, makan yang bergizi, jaga jarak, hindari kegiatan yang mengundang kerumunan massa.

“Untuk sementera aktivitas di rumah saja dan berdoa memohon kepada Allah agar Covid-19 segera sirna,” kata dia.

Dengan demikian, ada 4.756 calon jemaah haji tahun 2020 yang sudah mendaftar, sementara, lanjut Sopian ,hingga saat ini pihaknya hanya melayani pendaftaran calon haji.

“ Tahun 2021,  995 calon jemaah haji yang sudah mendaftar,” pungkasnya. (Ely)


No More Posts Available.

No more pages to load.