Puluhan Pasar Tradisional di Kota Bandung akan Terapkan Sistem Transaksi Non Tunai

oleh -47 Dilihat
oleh

KOTA BANDUNG, MEDIA METROPOLITAN – Sebanyak 37 pasar  tradisional, di Kota  Bandung akan mulai menggunakan transaksi Non Tunai atau cashless bagi pedagang yang akan membayar retribusi kios. Mereka hanya tinggal melakukan scan QR code ruang dagang yang disiapkan pengelola.

Menurut Direktur Utama Perumda Pasar Juara Pradana Aditya Wicaksana, terus meningkatkan pelayanan melalui program digitalisasi. Salah satunya menerapkan QR code ruang dagang untuk meningkatkan potensi pendapatan dan retribusi. “Kami ingin membangun fundamental teknologi untuk Perumda Pasar Juara  Kota Bandung, sebagai langkah awal transformasi,” ujar Aditya, Selasa (4/6/2024).

Ia mengatakan penerapan QR code ruang dagang mulai dilakukan di Pasar Sederhana yang memiliki 1.200 kios. Kemudian dilanjutkan di 37 pasar tradisional  lainnya dengan total kios mencapai 27.000. “Dilakukan secara bertahap dan tertib, supaya pembenahan ini sesuai dengan kebutuhan dan sesuai harapan,” kata dia.

Aditya menargetkan penerapan teknologi tersebut dapat 100 persen berjalan di seluruh pasar tradisional pada bulan September. Ia menuturkan pihaknya berharap program tersebut berjalan dengan baik dan disuport oleh para pedagang.
Menurutnya, digitalisasi di pasar akan memudahkan operasional, meningkatkan transparansi dan memperluas akses pasar. Dengan QR code ruang dagang, akan memudahkan pedagang membayar retribusi kios. Aditya mengatakan program digitalisasi diharapkan dapat meningkatkan pendapatan hingga 100 persen. Serta memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

Pengamat kebijakan publik Unpad Yogi Suprayogi Sugandi mengatakan kebijakan penerapan teknologi di pasar tradisional merupakan kebutuhan menyesuaikan perkembangan zaman. Diharapkan program digitalisasi konsisten dilakukan di pasar. “Sosialisasi kepada para pegang perlu 360 derajat, tidak bisa parsial karena penggunanya adalah pedagang,” kata dia.  (Supriyanto)

 

oleh
Penulis: Supriyanto

No More Posts Available.

No more pages to load.